Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setetes Tinta Abadi Selamanya

Menulis merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap orang dan dapat dikerjakan dimana saja. Asalkan ada tempat dan alat-alat perlengkapan menulisnya, telah bisa untuk mengguratkan aksara. Karna hanya aksara yang mudah serta dapat disimpan dimana saja. Aksara lues, dapat mengikuti perkembangan kemajuan zaman sesuai dengan eranya. Dari mulai dituliskan di atas kulit hewan yang dikeringkan. Lalu sarana lainnya adalah daun-daun yang memang pada saat itu banyak digunakan untuk menulis. Dan lempengan batu atau benda keras yang semacamnya, juga dijadikan sarana media untuk membuat tulisan. Itu semua sebelum diketemukannya lembaran kertas dan tersebar luas hingga kemana-mana. Dan hingga detik ini media untuk menulis telah banyak sekali tinggal memilih seperti kertas misalnya masih banyak dipakai atau alat elektronik yang tak asing lagi. Paling tidak ponsel pintar, yang setiap orang punya. Jika dimanfaatkan untuk menulis tentu sangat bagus, karna selain digunakan menelpon atau mengirim pesan.

Jadi untuk melakukan penulisan tak perlu harus menunggu mempunyai sarana alat yang memadai. Kecuali jika mau memasuki dunia penulisan seperti membuat script vilm, content writer, gost writer dan yang lain-lainnya. Memang diperlukan alat yang memadai setidaknya cukup, ketika saat digunakan tak menimbulkan masalah dikarenakan berpacu dengan waktu. Tetapi apabila hanya mengeluarkan butiran pemikiran yang tak dikejar oleh waktu, tentu dengan sarana seadanya bisa dilakukan. Seperti yang telah dikatakan di atas hanya menggunakan ponsel pintar, bisa digunakan untuk membuat tulisan. Apalagi untuk ibu-ibu muda yang memang ketika masih sendiri gemar membuat goresan di atas kertas. Dan menggunakan ponsel pintar, lebih praktis sembari bercanda dengan si buah hati. Sehingga kegemarannya tetap tersalurkan dan si buah hati tak merasakan kesepian, bila ibundanya sedang mengguratkan pena.

Jika kita perhatikan menulis bukan sesuatu hal yang baru atau era saat ini saja. Tetapi telah ada sejak dahulu kala sebelum zaman canggih seperti ini. Sarana yang ada sekarang ini hanyalah memudahkan saja untuk orang melakukan kegiatan menulis. Jika di atas sebagai contohnya adalah ponsel pintar, yang memberikan kemudahan atau kepraktisan dalam melakukan penulisan. Lalu, sarana yang lebih canggih lagi dan sering kita gunakan barangkali yakni laptop. Dari mulai orang-orang di kantor, kalangan propesional, perorangan dan lainnya. Banyak memanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya yang harus segera diberikan kepada pimpinan maupun client. Dengan adanya laptop, pekerjaan dapat dilakukan dimanapun sesuai jenis bidang pekerjaannya.

Selain sarana-sarana yang disebutkan di atas sebagai memudahkan dalam melakukan kegiatan penulisan. Internet, tak kalah pentingnya juga turut memberikan peran andil yang cukup besar dalam menyimpan hasil-hasil sebuah tulisan. Karna jika disimpan dipenyimpanan awan dapat dibuka dimana saja, apabila kita lupa membawa perangkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi pekerja di dunia penulisan seperti yang telah disebutkan di atas. Terkadang terburu-buru, lupa dan yang lain-lainnya. Hingga membuat kita tak membawa peralatan yang akan digunakan untuk menulis. Jadi membuka dengan laptop lain tak ada soal, pekerjaanpun tetap berjalan lancar.

Sekelumit tulisan ini semoga memberikan daya lecut bagi baru memulai menulis atau menambah semangat lagi yang memang telah berkecimpung didalamnya. Karna aksara, memang sejak dulu hingga sekarang dan sampai kapanpun akan lues mengikuti perkembangan zaman. Dan menulis juga sudah ada semenjak dahulu kala tak hanya di zaman ini saja. Barangkali hanya beda bentuk hurufnya tak sama seperti yang kita pelajari di bangku-bangku sekolah. Seperti misalnya zaman Majapahit, huruf yang berlaku pada saat itu adalah Sansekerta. Tetapi di zaman kini kebanyakan dari kita tak mengetahuinya bagaimana bentuknya. Tetapi menulis, tetap ada hingga detik ini entah untuk menjabarkan sebuah pemikiran ataupun yang lainnya.