Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keluarkan Ide Menulismu

Salah satu cara untuk mengembangkan bakat adalah dengan berlatih menulis. Karena ketahuilah tidak semua orang bisa menulis jadi bagi kita yang suka sekali menulis jangan disia-siakan tetap terus menggoreskan pena. itu berarti bagi mereka yang tidak bisa menulis lantas pupus harapan tetapi dijadikan cambuk agar mau berlatih kalau kata si mbah iso soko jalaran kulino. Memang membutuhkan banyak kerja keras untuk menghasilkan tulisan bagi mereka yang tidak memiliki bakat dan terus berlatih jangan pernah berhenti, walau rasa bosan selalu menemani. Untuk tantangan menemukan ide-ide dan menyelesaikan sebuah tulisan menjadi kendala tersendiri bagi pemula. Apalagi yang suka sekali menghakimi tulisannya sendiri, karena merasa jelek dan sangat tidak bagus. Hal-hal yang demikian itu harus disingkirkan jauh. Meskipun itu sudah terbiasa dengan tulisan setiap harinya tetapi masih ada saja orang yang terkadang juga perlu untuk mengisi fikirannya agar terisi lagi ide maupun gagasan.

Untuk dapat terus menerima ide secara tertulis maka harus rajin-rajin membaca. Karena hal itu sangat dianjurkan memungkinkan untuk mendapatkan ide-ide baru dengan membaca referensi seperti buku atau novel lain. Hanya jalan satu-satunya untuk terbukanya gagasan baru. Menulis dan membaca selalu terkait satu sama lain karena keduanya bagaikan sahabat yang tidak pernah berpisah. Penulis profesional dan hebat memiliki kebiasaan membaca. Jadi membaca adalah sesuatu hal yang wajib jika ingin menjadi penulis dan tidak bapat dihindari. Dari membaca juga dapat melihat bagaimana gaya penulisan dan gagasan kreativitas dalam referensi tersebut.

Menulis bisa dari apa yang dirasakan di hati. Menulis tentang kecemasan dapat digunakan sebagai ide awal. Dengan cara seperti itu dapat memunculkan ide-ide baru atau bisa juga lagi kasmaran. Dijamin bahwa kata yang dihasilkan tidak membosankan dan dapat dibaca dengan menulis tulisan suara hati. Juga dapat menuliskan hasil diskusi apa yang tadi sedang dibicarakan. Atau bisa juga menuliskan tentang kenangan ketika bersama mantan. Karena yang perlu diketahui dan sangat penting adalah ide itu bisa hadir kepada siapa saja tanpa mengenal dia penulis atau bukan. Tetapi yang selama ini menjadi persoalan bagi orang tertentu yaitu bagaimana membuat ide menjilma menjadi suatu rangkaian tulisan. Persoalan jelek dan segala macamnya singkirkan dahulu, sekali lagi penulis ingatkan.

Terkadang ide tidak selamanya hadir dari alam fikiran kita tetapi dapat juga dari orang lain di sekitar dapat memberikan sumber gagasan lebih baik. Bisa juga orang lain ketika berbagi cerita tentang keluhkesahnya dan menginspirasi Anda untuk menulis. Hal itu juga dapat dijadikan sarana untuk ide penulisan jika diri kita sendiri sedang sepi inspirasi. Dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga atau orang-orang yang dikenal melalui media sosial. Darisana mungkin saja mereka perlu tempat untuk mengeluarkan seluruh kepenatan isi hatinya disitu bisa diambil point pentingnya apa. Jika mengalami kebuntuan dalam ide coba untuk bicara, diskusi kepada teman atau orang dianggap mengerti tentang apa yang sedang membuat dirimu staknan ditempat tidak bergerak. Jika kita sendiri tidak tahu solusinya bagaimana.

Terbiasa menjadi orang selalu kreatif dan memiliki ide baru dalam tulisannya adalah cara terakhir paling penting dengan apa yang sudah disebutkan diatas. Dapat melakukan banyak hal membuat kepala Anda penuh dengan ide-ide cemerlang contohnya yang juga sudah disebutkan diatas, scrall lagi di paragraf sebelumnya. Kebiasaan itu penting seperti proses penulisan membaca dan lainnya dalam mengisi ide segar. Tidak perlu bingung lagi karena Anda akan dengan mudah mendapatkan gagasan menulis setiap hari jika Anda terbiasa oleh itu semua kenapa harus gelisah atau mempertanyakan soal kebuntuan ide?

Menulis itu adalah dinamis ide dapat dikembangkan sesuai dengan waktu. Jika menginginkan ide baru harus mencoba hal-hal baru. Gagasan hari ini bisa berbeda dari besok seperti orang yang ingin makan bakso tapi karena tidak ada yang lewat, lalu besok ketika ada sudah tidak ingin atau berubah lainnya. Writers yang andal diharuskan untuk tidak pernah sepi akan ide segala macam bahan ide dapat diolahnya menjadi suatu karya tulis. Karena para pembaca akan senang jika info dan penulisan selalu memunculkan sesuai dengan zamannya dan selain itu buku maupun novel merupakan cermin dimasa depan.

Sebagai akhir dari tulisan ini adalah, jangan pernah bosan jika itu memang dunia writer menjadi tempat untuk mengekspresikan apa yang ada di alam liar fikiranmu. Tetapi jika diawal sudah tidak suka maka jangan dekat-dekat lebih baik menjauh saja. Karena tidak ada suatu instan lahir begitu saja di muka bumi ini semuanya ada jalannya masing-masing dan akan menuju ketempat yang indah. Belajar dan terus belajar itu yang dapat dilakukan, tentunya juga sembari menghasilkan karya tulis tidak hanya teori.